Selasa, 18 Agustus 2009

Pengorbanan

Baru beberapa hari ini, bangsa Indonesia merayakan kemerdekaannya yang katanya ke 64. Tetapi menurutku seh belum merdeka, karena penjajah kita sudah berubah bentuk. Kalau kita tidak pintar-pintar banget, kita tidak tahu jangan-jangan di sebelah kita juga adalah penjajah itu sendiri.
Aku tidak mau ngomongin tentang kemerdekaan, itu hanya pembuka saja karena tidak etis lah, ini kan sedang bulan Agustus yang semestinya kita mengheningkan cipta kembali untuk memperingati jasa pengorbanan dari para pahlawan. Nah itu tadi aku mau bilang tentang pengorbanan. Yap pengalaman semalam membuatku tersadar tentang arti pengorbanan
Aku mengerti setiap orang entah sekali atau berkali-kali pernah bertegur sapa dengan pengorbanan. Langsung tidak langsung tentunya.
Termenung dalam diriku, bahwa setiap manusia yang menjalankan kehidupan ini memang hebat! Berbekal nafsu dan otak, masing-masing pada diri mereka bisa memutuskan apa yang harus dilakukan, tak terkecuali untuk berkorban.
Aku, dia, ia, kamu, mereka adalah masing-masing orang yang tentunya akan berjumpa dengan pengorbanan. Mari kita gandeng bersama-sama, kita lapangkan dada kita untuk menghayati lebih dalam tentang arti pengorbanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar